30 tahun asosiasi dana Pensiun indonesia

Tahun ini Asosiasi Dana Dana Pensiun Indonesia genap berusia 30 tahun. HUT ke-30 ini terasa berbeda, seiring telah dipastikannya iuran BPJS Ketenagakerjaan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi keberlangsungan DPPK yang selama ini juga beroperasi di bawah payung undang-undang. Otoritas tampaknya berupaya mendorong terjadinya sinergi dengan pertimbangan penentuan iuran 3%, memugkinkan adanya ruang bagi perusahaan pemberi kerja untuk terus menyelenggarakan program pensiun secara sukarela.

Majalah ADPI edisi 68

Waspadai Efek Currency War

Saat tulisan pengantar ini dibuat, indeks harga saham gabungan Bursa Efek Indonesia udah tergerus sekitar 1.200 poin. Kurs rupiah jug melemah tajam terhadap mata uang dolar Amerika, hingga menembus angka Rp 14.000 per dolar. Ketidakpastian global memicu guncangan dahsyat pada dunia finansial global. Sungguh tak di duga, kala pelaku pasar finansial tengah menunggu kepastian langkah Bank Sentral AS menaikkan suku bunga, China justru mendevaluasi mata uang Yuan. Mata uang China yang memang dipatok terhadap dollar AS itu bisa setiap saat dipatok, kala penguasa negeri itu memerlukan untuk strategi tertentu.

Majalan ADPI edisi 67

Dana Pensiun Era BPJS Ketenagakerjaan

Para pembaca Info Dana Pensiun. Kali ini majalah Info Dapen hadir kembali dengan sejumlah isu aktual, seperti Perubahan Nama Organisasi ADPI menjadi Perkumpulan ADPI, pemilihan pimpinan Perkumpulan ADPI periode 2015 – 2017, konsolidasi menuju sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan, hingga gonjang­ganjing perekonomian dan pasar modal. Merupakan tantangan bagi pengurus baru ADPI di tengah konsolidasi menuju sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan, terutama dalam proses penetapan iuran yang menjadi beban perusahaan yang juga merupakan pendiri Dapen. Pengurus ditantang untuk berkomunikasi aktif dan efektif dengan otoritas dalam konteks tersebut.

Majalan ADPI edisi 66

Menyongsong Pimpinan Baru ADPI

Musyawarah Nasional Asosiasi Dana Pensiun digelar tanggal 22 ­ 23 April 2015. Pengurus ADPI telah membentuk Panitia Munas yang diketuai Dirut Dana Pensiun Antara, Indera Hadi, yang juga merupakan Ketua Bidang ADPI­Pusat. Setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya diputuskan bahwa Munas akan diselenggarakan di Semarang pada tanggal 23 April 2015. Sehari sebelumnya yaitu tanggal 22 April 2015 akan diselenggarakan Seminar.

Majalan ADPI Edisi 65

Tantangan mengelola Dana Pensiun Terkini

Seiring berjalannya waktu, tantangan mengelola Dana Pensiun semakin kompleks. Selain harus terus mengupdate pengetahuan dan pemahaman pengurusnya, agar mampu mengikuti perkembangan industri, masih banyak hal penting yang patut jadi perhatian. Sasaran pokoknya adalah agar Dana Pensiun tetap mampu mempertahankan komitmen memberi manfaat optimal bagi para peserta.

Akan tetapi, harus disadari, saat ini pemerintah pun telah memberlakukan undang-undang lain yang memberi otoritas pengelolaan jaminan sosial bersifat wajib. Berbeda dengan Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) yang bersifat sukarela.

Majalah ADPI edisi 64